Modul I. Pemanduan Wisata Kelas XII UPW

1. Jenis – jenis Pelayanan Tour

1.1. Menguraikan jenis-jenis pelayanan tour

A. Persiapan Mejelang Tour

Rincian tugas yang harus di lakukan pramuwisata sebelum tur dilaksanakan adalah sebagai berikut :
a. Teliti guide order, terutama tentang nama wisatawan atau rombongan, jumlah, nama hotel dan nomer kamar pesawat dan nomor penerbangan, perkiraan waktu keberangkatan ( ETD )

b. Hubungi pengemudi cek kesiapan kendaraan

c. Siapkan uang yang diperlukan untuk keperluan tur (parking, entrance fee, local guide)

d. Pastikan segala perlengkapan telah siap sebelum berangkat.

e. Perkirakan waktu berangkat yang sesuai dengan ETD sehingga tidak terjadi keterlambatan

Gb.1 contoh guide order

B. Pelaksanaan Tur

1. Picking up service

Penjemputan wisatawan di hotel atau tempat lain yg disepakati untuk mengawali suatu tur

2. Guiding service

Layanan panduan selama tur yang berupa presentasi yang terdiri atas urutan pembukaan, panduan di perjalanan, panduan di objek dan penutup. Termasuk dalam pelayanan ini adalah apabila terjadi sesuatu terhadap wisatawan selama perjalanan tur.

3. Dropping off service

Mengantar kembali wisatawan ke hotel atau tempat lain yang di sepakati

Kegiatan yang dilakukan pramuwisata pada kegiatan tersebut adalah sbb;

1. Picking up service

a. Jika tamu belum siap di lobby, hubungi melalui intercome di resepsionis.

b. Berikan salam dan perkenalkan diri.

c. Selesaikan pembayaran dengan wisatawan sebelum tur dilakukan

d. Kumpulkab voucher, tiket pertunjukan dan lain-lain dari wisatawan

2. Guiding service

a. Pembukaan

b. di perjalanan

c. di objek/atraksu wisata

d. Penutup.

Informasi yang disampaikan dalam pemanduan selama tur adalah sebagai berikut;

  • Nama
  • Karakteristik
  • Waktu tempuh
  • Informasi yang harus di sampaikan kepada wisatawan

Hal yang perlu diingat oleh pramuwisata bahwa untuk setiap keputusan alternatif yang diambil dalam menyelesaikan peyimpanan pelayanan harus di dukung dengan bukti tertulid yang disetujui bersama pramuwisata dan wisatawan

Uji Kompetensi

1. Tulislah persiapan yang harus dilakukan oleh seorang Pramuwisata

2. Jelaskan yang dimaksud dengan Picking Up Service

3. Sebutkan apa yang di maksud dengan keluhan sejati

Soal PG

1. Apa yang dimaksud dengan win-win solution ……

a. 2 belah pihak yang bersangkutan sama-sama untung

b. Sebelah pihak uang untung

c. 2 belah pihak yang sama-sama rugi

d. Sebelah pihak yang rugi

e. Tidak ada yang untung maupun rugi

2. Apa sajakah yang termasuk ke dalem pengelompokkan perjalanan ……

a. Business travel

b. Leasure travel

c. Individual travel

d. Group travel

e. Jawaban a, b , c benar

3. Apa sajakah yang termasuk ke dalem fungsi pemasaran ……

a. Writing ticket

b. Booking space

c. Filing

d. Ordering

e. Making sales calls

4. Agent perjalanan wisata dapat di sebut juga sebagai ……

a. Wholesaler

b. Re-tailer

c. Biro perjalanan

d. Supplier

e. Travel biro

5. Layanan Panduan selama tour berupa presentasi disebut;

a. Guiding service

b. Picking up service

c. Dropping off service

d Tourist attraction report check list

e. Tour expanses report

🤗Selamat mengerjakan🤗

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑